Ceritanya lagi ada waktu senggang di jam kantor, I suppose to fill it with learning something new tapi lagi malas, baca-baca berita tidak ada gossip yang menarik dan hot (ketauan nih hobinya baca artikel gosip selebriti) jadi ya daripada diisi dengan slacking off browsing tidak jelas, mending diisi dengan nulis-nulis g jelasšŸ˜€ . Tadi git commit project banyak yang conflict, mayoritas c akibat generated properties dari net beansnya, saking ribetnya akhirnya saya tidak berani merge dan memilih untuk clone ulang project dan mengedit latest version kemudian commit without confict, eh tiba-tiba tadi terlintas dikepala mengenai sebuah komitmen dalam hubungan. Tidak tau apakah git ini dibuat berdasarkan studi terhadap sebuah hubungan atau sebaliknya mengkin sebuah hubungan harus belajar dari git. Btw bagi pembaca yang belum tau apa itu git, di wiki ada penjelasannya. Oke, sekarang mari kita jabarkan command yang ada di git dan hubungkan dengan sebuah komitmen dalam sebuah hubungan.

  • Git clone : Nama perintahnya clone tapi hubungannya bukan di klonin pacar loh. Clone mengambil copy project dari main repository ke local storage, artinya seorang programmer siap masuk dalam sebuah proyek untuk ikut mengerjakan/berpartisipasi dalam proyek itu, apakah itu membuat proyek itu makin baik atau makin buruk gimana orang yang berpartisipasinya. Disini mungkin hubungannya dengan Relationship Commitment ialah masuk ambil bagian dalam sebuah hubungan asmara, ntah itu keluarga, teman curhat, atau pemeran utama dalam asmara tersebut. Tiap orang yang berpartisipasi ini menjadi tiap entintas yang akan mempengaruhi isi dari git maupun sebuah hubungan asmara, ya tapi ada juga yang cuman sekedar penonton, atau melihat hubungan tersebut dan tidak mempengaruhi sama sekali.
  • Git branch : Melihat ada branch apa saja dalam sebuah repository, contohnya branch production, testing, development dll. Mungkin bisa dikaitkan dengan judul sebuah hubungan, misal asmara dengan kecengan, asmara dengan pacar, asmara dengan Ā simpenan, asmara buat main-main doang, asmara Ā dengan calon istri atau buat nikah dll. Setiap kali clone sebuah branch artinya lagi mau berpartisipasi sama salah satunya.
  • Git pull : mengambil latest version, versi paling akhir dari clone-nan project, kalau dikaitkan dengan hubungan asmara mungkin semacam menerima masukan atau tindakan dari pasangan kita atau orang lain yang ada didalam hubungan asmara kita seperti keluarga atau teman dekat. Hasil pull ini yang akan menjadi landasan tidakan kita selanjutnya dalam hubungan asmara tersebut.
  • Edit : edit ini ialah melakukan perubahan, menambah, mengurangi isi proyek didalam storange lokal sebelum di commit dan di push. Kaitannya ialah tindakan kita terhadap pull atau reaksi yang akan dilakukan terhadap apa yang kita terima atau alami dari tiap entitas (pasangan, keluarga, teman curhat dll) dalam hubungan asmara yang sedang dijalani. Dalam sebuah proyek, edit git yang baik ialah tidak merubah pekerjaan orang lain, melainkan mengerjakan sesuatu yang berbeda yang pastinya dibutuhkan oleh project tersebut agar berjalan sebagai mana mestinya, edit pekerjaan orang lain boleh dilakukan jika pekerjaan orang lain tersebut itu salah atau kita bisa memberikan solusi yang lebih baik. Kembali ke kaitannya, artinya dalam sebuah hubungan asmara kita harus mengerjakan sesuai dengan porsi dan posisi kita masing-masing, kita baru boleh mengambil bagian dan memberi pendapat jika ada entitas lain melakukan kesalahan atau kita punya pendapat yang lebih baik. Dan alangkah baiknya sebuah project maupun hubungan dipimpin oleh orang yang dapat mengatur dan membagi pekerjaan serta porsi masing”entitasnya sehingga conflict bisa dihindari.
  • Git Commit : Membakukan & mengatas namakan perubahan (edit) yang kita lakukan, siap bertanggung jawab atas apa yang akan di push ke main repository. Kaitannya dengan hubungan asmara ialah siap bertanggung jawab atas apa yang akan dilakukan, atas pendapat atau apapun yang akan ditambahkan kedalam sebuah hubungan asmara.
  • Git Push : merubah lattest version dari project secara official, kaitannya ialah menjalankan tindakan yang kita sudah siap untuk pertanggung jawabkan.
  • Git Conflict : Adanya bentrok pada sebuah atau lebih file yang di edit, di commit dan di push. Kaitannya ialah, adanya perbedaan pendapat, jika kita melakukan sesuatu bukan pada porsi kita makan konflik ini akan terjadi. Conflict ini harus di resolve dengan cara merge,
  • Git Merge : Untuk membakukan resolve yang sudah dilakukan. Resolve ini dilakukan dengan cara membiarkan blok perubahan orang lain yang digunakan atau memilih tetap menggunakan blok perubahan kita atau memaksakan kedua blok perubahan ada didalamnya, tentunya jika dipaksakan makan pasti akan terjadi error pada project yang harus dibenahi dikemudian. Kaitannya ialah saat ada masalah, apakah kita akan mengalah dengan pendapat pasangan kita atau entitas lainnya, atau berpegang pada pendirian atau tiap entitas memaksakan pendapatnya dan mengakibatkan suatu masalah baru dikemudian.

Ya kira-kira mungkin seperti itulah hubungannya satu sama lain, yang mungkin bisa dipetik diatas ialah dalam sebuah hubungan kita sebaiknya melakukan sesuatu pada tempatnya sesuai dengan porsi masing-masing dan saat melakukan apa yang menjadi bagian kita, kita bertanggung jawab atas bagian tersebut.

Subscribe & fast response :

Related Article(s) :Ā Rubber Duck Debugging danĀ Curhat