Baru saja browsing di Internet mengenai mahar (penulis sedang gencar-gencarnya mendalami seluk beluk pernikahan), dan malah nyasar disalah satu blog Islamic yang didalamnya berisi doa untuk meminta kesulitan, “meminta kesulitan?!! tidak salah tuh??!” mungkin begitu tanggapan sigap sebagian besar orang. Sebelum kita ulas, berikut kiranya isi doa tersebut :

Dear God, sincerely I asked if, by living in difficulties in this world is the only way to pull me closer to You then let me live that way if i ever try to deviate from this path please, dont let me do that hold my heart, tightly because You are there, between a human and his heart.

Sebagian pembaca mungkin sudah mulai mengerti mengapa ada orang yang meminta kesulitan, untuk yang belum mengerti mungkin seperti ini penjelasannya. Kesulitan ialah cobaan, derita, seperti kehilangan, terzalimi,  dan berbagai musibah lainnya. Lalu mengapa meminta derita ? Karena dengan adanya cobaan dan derita maka ikhlas dapat dilakukan, orang yang berdoa seperti diatas sepertinya bermaksud memperluas ladang ikhlasnya dan menjalani sebaik-baik mungkin cobaan-Nya. Lalu mengapa  harus memperbanyak ikhlas? Apa yang special dari ikhlas ini? Nabi SAW, kekasih Allah yang paling mulia bersabda,“Berkaitan dengan ikhlas, aku bertanya kepada Jibril a.s.apakah ikhlas itu?Lalu Jibril berkata,“Aku bertanya kepada Tuhan yang Maha Suci tentang ikhlas, apakah ikhlas itu sebenarnya?“ Allah SWT yang Mahaluas Pengetahuannya menjawab,“Ikhlas adalah suatu rahasia dari rahasia-Ku yang Aku tempatkan di hati hamba-hamba-Ku yang Kucintai.“(H.R Al-Qazwini).

Ya dimana ikhlas tidaknya seseorang dalam menjalani sesuatu hanya Allah yang mengetahui, seperti ikhlas dalam beribadah, mempelajari Islam lebih dalam, dsb hanya untuk Allah, bukan untuk image, popularitas dsb. Hal lain yang dapat mendorong seseorang agar lebih ikhlas adalah dengan menyembunyikan amal kebaikannya. Yakni dia menyembunyikan amal-amal kebaikan yang disyariatkan dan lebih utama untuk disembunyikan (seperti shalat sunnah, puasa sunnah, dan lain-lain). Amal kebaikan yang dilakukan tanpa diketahui orang lain lebih diharapkan amal tersebut ikhlas, karena tidak ada yang mendorongnya untuk melakukan hal tersebut kecuali hanya karena Allah semata. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits, “Tujuh golongan yang akan Allah naungi pada hari di mana tidak ada naungan selain dari naungan-Nya yaitu pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh di atas ketaatan kepada Allah, laki-laki yang hatinya senantiasa terikat dengan mesjid, dua orang yang mencintai karena Allah, bertemu dan berpisah karena-Nya, seorang lelaki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang cantik dan memiliki kedudukan, namun ia berkata: sesungguhnya aku takut kepada Allah, seseorang yang bersedekah dan menyembunyikan sedekahnya tersebut hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya dan seseorang yang mengingat Allah di waktu sendiri hingga meneteslah air matanya.” (HR Bukhari Muslim). Dalam sebuah game yang penulis pernah mainkan juga ada kalimat yang berisi :

Kind and gentle words aren’t always truly kind once they’re spoken

Perkataan baik maupun perbuatan baik yang dikatakan atau diperlihatkan cenderung memiliki maksud tersembunyi dan diragukan ketulusannya.

Oke, sekarang kembali lagi ke inti utama yaitu kesulitan, dengan diberi kesulitan dan orang tersebut ikhlas dan percaya bahwa Allah punya rencana yang lebih baik maka tingkat loyalitas orang tersebut terhadap Allah teruji, mungkin juga itu sebabnya disebutkan diatas “hamba-Ku yang Kucintai”, yaitu hamba yang teruji juga kepercayaannya, loyalitasnya, cintanya terhadap Allah SWT, tidak berpaling dari-Nya dan justru semakin mendekatkan diri kepada-Nya saat diberi cobaan. Seperti penulis yang menginginkan calon istri yang teruji cintanya :p .

Kiranya seperti itulah mungkin penjelasannya, mungkin penulis maupun pembaca belum seberani itu dalam berdoa, namun dengan ini mari kita coba belajar ikhlas dan menjalani segala skenario-Nya dengan sebaik-baiknya. Perasaan dari tadi banyak mungkin-mungkinnya ya😀 jadi mari kita akhiri saja semua kemungkinan ini :p . Barakallahu.

Subscribe & fast response :