Merakit model kit, atau plastic model apapun modelnya (tank, plane, gundam, dll) tentunya tidak lepas dari mewarnai model kit tersebut. Saat pertama kali mewarnai model kit, saya menggunakan cotton bud yang diberi perekat diujungnya sebagai kit holder saat melakukan proses mewarnai, tidak heran orang dirumah selalu kehabisan cotton bud😀 , setelah itu saya beralih ke tusuk gigi yang tetap saja menggunakan perekat (double tip) agar part bisa melengket di part holder alternatif tersebut, beberapa orang mungkin melakukan hal yang sama, beberapa lagi mungkin menggunakan sisa tree atau runner dari kit, dan tentunya ada juga yang membeli langsung dari toko online atau hobi. Karena rasanya harganya tidak wort it dengan barangnya dan memang sulit menemukan penjual barang ini, maka saya mencoba membuatnya sendiri.

Part holder dengan runner atau part-tree

Pertama-tama yang diperlukan ialah alligator clips, alligator clips dapat dibeli di toko listrik dengan harga yang sangat murah, ditempat saya beli harganya cuman 1.500 rupiah sepasang (2 biji). Penampakannya seperti dibawah ini.

Alligator Clips

Setelah itu yang diperlukan ialah tusuk satai atau sate, beruntungnya saya menemukan tusuk sate yang belum dipake dirumah. Kayanya sisa dari acara barbecue tahun lalu, tanpa pikir panjang langsung saya jadikan korban. Klo ingin beli, di supermarket atau pasar biasanya jual seharga 10.000 untuk 50 biji atau lebih, karena kita tidak butuh banyak-banyak bisa juga tinggal beli sate padang yang lewat dekat rumah, lumayan bisa bikin kenyang😀 . Setelah itu buka pelindung karet dari alligator clips dan pasangkan ke tusuk sate dengan bantuan tang seperti gambar dibawah ini :

Buka pelindung karet

Pasang ke tusuk sate

Kuatkan dengan tang

Cara pakai

Mudah dan murah bukan? Dengan alat ini tangan terlindung dari semprotan air brush atau spray can saat proses pengecatan, tapi tetap disarankan pakai sapu tangan karet yang dijual di apotik dengan harga 3.000-an😉 . Semoga bermanfaat, selamat mewarnai guys!