Game action pesawat tempur atau robot tanpa aksi menembak saya rasa tidak ada. Pada umumnya aksi menembak ialah proses membuat suatu objek baru yang memiliki grafik sendiri misal grafik bergambar peluru dan bergerak sekian piksel setiap framenya. Bagi programmer java yang ingin membuat game 2D dengan genre sejenis dan ingin membuat aksi menembak tanpa memikirkan objek sprite dari bullet/laser tersebut bisa dengan mudah menggunakan drawLine yang dimiliki java.

Contoh Firing Action

Berikut potongan source-code untuk menggambar garisnya :

//@override method dalam JPanel yang akan dipanggil saat parentnya di repaint()
@Override
protected void paintComponent(Graphics g)
{
    g.setColor(Color.red);
    //x1,y1,x2,y2
    //parameter silahkan di kustomisasi sendiri sesuai kebutuhan
    g.drawLine(10, 20, 50, 20);
}

Untuk deteksi hit atau not hit, bisa ditambahkan potongan source-code berikut ini :

//Buat bound karakter musuh sesuai dengan lokasi dan ukurannya (x, y, width, height)
Rectangle2D r = new Rectangle(10,15, 20, 20);
//deteksi hit dengan garis yang telah digambar sebelumnya
if (r.intersectsLine(10,20,50,20))
{
     doSomething();
}

Gampang bukan? Contoh diatas bukan metode yang paling baik, namun salah satu metode yang cukup mudah dilakukan untuk yang baru memulai membuat game java2D. Semoga bermanfaat, jangan lupa follow untuk informasi post tutorial lainnya😉 .